Membuat User – Database di Wampserver (localhost)

Membuat User dan Database di wampserver , tulisan saya ini mungkin agak berbeda dengan beberapa artikel yang telah anda baca sebelumnya pada blog lain, karena saya akan membuat user dan database secara bersamaan atau sekali jalan. Yaitu dengan menggunakan nama yang sama untuk user dan database, secara otomatis database akan sekaligus ada setelah anda selesai membuat user.

Namun database tersebut tentu belum ada “Table” , nantinya pada database akan menggunakan Table Prefix wp_  yang akan ada setelah kita melakukan install cms wordpress.  Baiklah saya akan langsung saja pada perosesnya.

Pertama setelah anda mengaktifkan wampserver, klik pada ikon wampserver lalu pilih → phpMyAdmin.

membuat user dan database di localhost (wampserver)

Maka akan muncul halaman phpMyAdmin seperti screenshot dibawah ini ↓

membuat user-database di phpmyadmin

Selanjutnya anda klik pada menu → Privileges, pada halaman berikutnya klik  → Add a new User.

add anew user di wampserverSetelah muncul pop up window seperti di bawah, sekarang anda isi aplikasi untuk proses Add a new User  tersebut, pada proses ini saya akan membuat user dan database dengan nama ” myblog”.

membuat user-database di wampserver (localhost)

- Login Information.

  • User name: pilih → use text fied → Isi user name anda.
  • Host: pilih → Local → localhost .
  • Password: Use text field → Masukan Password.
  • Re-type: Kembali masukkan password.
  • Generate password: Bisa di kosongkan.

Selanjutnya tarik scroll lebih ke bawah ↓

membuat user dan database di wampserver (localhost)

- Database for User, pilih → Create database with same name and grant all privileges. Pada poin inilah database akan sekaligus dibuat sama dengan nama User (pengguna).

Pada Global Privileges anda klik → Check All dan terakhir klik → Create User. Bila tidak terjadi error maka akan muncul notification ” You have added a new user ” ↓

membuat user dan database di wampserver
Sekarang proses membuat user dan database sudah selesai, refresh halaman phpMyadmin tersebut. Maka bisa anda lihat pada list phpMyAdmin user dan database yang baru dibuat. Namun pada database tersebut masih kosong, bisa anda cek dengan mengklik database tersebut, seperti screenshot yang kedua ” No tables found in database “.

                         membuat user dan database di wampserver.          membuat user dan database di wampserver.

Tidak ada nya Table (tabel) karena kita belum melakukan proses yang terakhir yaitu meng-install wordpress, semoga hingga pada tahap ini anda tidak menemukan kendala dan semuanya berjalan lancar. Silahkan anda baca artikel berikutnya → Disini. ;)

© 2012 | barajablog.com