Cara Pasang Google Translate di WordPress

cara pasang widget google translate di wordpressCara Pasang Google Translate di WordPress, anda bisa menggunakan widget text untuk cara yang cepat dan praktis tanpa perlu terlebih dahulu meng-install plugin. Seberapa penting fungsi widget ini pada sebuah website atau blog tentunya setiap orang akan mempunyai pendapat yang berbeda-beda.

Namun tidak ada salahnya anda mencoba untuk memasang widget tersebut pada website atau blog. Selain prosesnya cepat dan mudah, anda hanya harus memiliki akun atau email di google.com yang akan digunakan untuk log in ke situs resmi google untuk mendapatkan kode (script) yang akan di letakkan pada widget di website atau blog. Silahkan langsung saja anda klik pada link ini →  https://translate.google.com/manager/website/ .
Ikuti tahap-tahap atau proses seperti yang saya urai dibawah :

1. Setelah berada pada halaman link yang saya berikan di atas, klik →

2. Selanjutnya anda log in dengan akun / email di gmail.com.

3. Berikutnya anda ikuti proses dibawah.

cara pasang widget google translate di blog

→ Masukkan alamat website atau blog, pilihan bahasa yang digunakan pada website ( website language) bisa dibiarkan saja dan selanjutnya klik →

cara memasang widget google translate di blog

→ Pada tahap berikutnya silahkan lakukan setting pada widget google translate yang akan anda gunakan.

  • Translation Language. Atur pilihan anda apakah semua bahasa (all language) atau hanya untuk beberapa bahasa negara (specific languages).
  • Display Mode. Pilihan bentuk atau mode widget, sesuaikan dengan selera anda.
  • Advanced. Settingan tingkat Lanjut.

Setelah semuanya anda setting sesuai dengan keinginan berikutnya klik →

kode atau script widget google translate

→ Copy kode kedua (yang di bawah) ke Widget Text (arbitrary text or HTML) di blog dan beri judul “Translate” untuk title selanjutnya klik → Save.

Seperti yang kita lihat pada perintah diatas, untuk meletakkan meta name pada header.php sebelum tag penutup </head>. Namun sewaktu saya coba menghapus script meta name dari header.php, widget tetap berfungsi dengan baik. Bisa anda lihat hasilnya pada Screenshot di bawah ↓


Cara memasang widget google translate diblog anda telah selesai. Namun, seperti yang anda lihat pada blog-blog lain, widget translate yang sangat bervariasi dengan tambahan Logo / Gambar bendera masing-masing negara. Untuk hal tersebut, kita harus menggunakan image source atau gambar tersebut yang telah di upload ke blog kita atau directori lain. Namun saya pribadi lebih suka apabila menggunakan yang simpel / standar.

© 2012 | barajablog.com