Cara Mengatasi dan menghapus File Error Log di cPanel

Bagaimana cara mengatasi dan menghapus File Error Log di cpanel..? Seperti yang pernah saya alami, tiba-tiba Disk Space Hosting saya mendadak melewati batas pemakaian (over capacity). Padahal dua minggu sebelumnya saya memeriksa bahwa Disk Space yang telah terpakai baru sekitar 60%, dan setelah itu saya belum pernah meng-upload data atau file bahkan menulis satu artikel pun. Tapi kenapa tiba-tiba Disk Space telah mencapai batas atau limit pemakaian.?

Bagi saya yang baru pertama kali menyewa hosting tentu masalah seperti ini membuat saya menjadi kalut. Setelah berbincang sebentar dengan operator hosting langsung saya menemukan penyebabnya, bahwa Disk Space penuh karena Menyimpan File Error Log yang telah memakai kapasitas yang begitu banyak.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan Error Log tersebut.

→ Setelah log In di cPanel, klik file manager pada box Files.

cara mengatasi dan menghapus file error log di cpanel

→ Pada halaman root directory (public_html) cari File error log. Apabila anda menemukan File tersebut klik untuk melihat keterangan file error tersebut atau klik → View yang ada pada Toolbar diatas.

cara mengatasi dan menghapus file error log di cpanel          cara mengatasi dan menghapus file error log di cpanel

→ Pada tabel yang keluar anda akan bisa melihat data kesalahan atau error log yang terjadi pada website anda. Selanjutnya pelajari hingga anda benar-benar yakin kesalahan yang telah terjadi, berikutnya anda log in ke wp-admin (blog) untuk menemukan serta memperbaikinya. Apabila anda telah berhasil memperbaikinya, segera kembali ke cPanel untuk menghapus file Error Log tadi agar Disk Space kembali bisa digunakan untuk menyimpan file blog. Kembali ke halaman public_html lalu klik → file Error Log tersebut, setelah itu anda klik kanan  → Delete.

→ Untuk memastikan bahwa anda telah berhasil memperbaiki kesalahan yang terjadi, besok bisa anda periksa kembali. Setelah Log in di cPanel klik → Error Log , nah apabila pada box error log anda kosong (seperti gambar sebelah kanan) atau tidak ada keterangan file yang error berarti anda telah berhasil memperbaikinya. Apabila pada box tersebut masih ditemukan error log, saatnya anda siapkan kopi dengan sebungkus rokok untuk menemani anda begadang malam ini.  :D

cara mengatasi dan menghapus file error log di cpanel     cara mengatasi dan menghapus file error log di cpanel

© 2012 | barajablog.com

Comments are closed.